Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara merupakan perpustakaan Perguruan Tinggi yang memiliki  tugas utama mengoleksi, mengolah, dan menyajikan informasi dalam bidang ilmu-ilmu keislaman dan umum lainnya yang relevan dengan kajian program studi yang ada di UIN Sumatera Utara.

Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara merupakan transformasi dari perpustakaan IAIN-SU. Perpustakaan UIN-SU adalah Perpustakaan Akademik yang dibangun pada tanggal 19 November 1973 dengan nama “Perpustakaan Marah Halim”. Nama ini diambil dari nama pendirinya yaitu Brigjen H. Marah Halim Harahap, Gubernur KDH Tk. I Provinsi Sumatera Utara pada waktu itu. Perpustakaan UINSUmatera Utara diresmikan oleh Menteri Agama RI Prof. DR. H.A Mukti Ali, di Jl.Sutomo No.1 Medan. Dengan semakin pesatnya perkembangan koleksi perpustakaan dan terbatasnya gedung yang ditempati pada waktu itu, maka tanggal 8 Februari 1990 perpustakaan dipindahkan ke lantai II Masjid Ulul Albab IAIN-SU dan diberi nama “Perpustakaan IAIN-SU Medan”.

Pada mulanya IAIN mengelola 5 (lima) perpustakaan yaitu : Perpustakaan Marah Halim sebagai perpustakaan induk, Perpustakaan Fakultas Tarbiyah, Perpustakaan Fakultas Syariah, Perpustakaan Fakultas Dakwah dan Perpustakaan Fakultas Ushuluddin.

Perpustakaan-perpustakaan fakultas tersebut dileburkan dan koleksinya disatukan di perpustakaan pusat terjadi pada tanggal 14 Juli 1995 berdasarkan kebijakan Rektor IAIN-SU. Tertanggal 8 Mei 1995. Sejak itu IAIN mempunyai satu perpustakaan umum. Kemudian ketika kampus IAIN-SU pindah dari jalan Sutomo ke jalan William Iskandar Pasar V Medan Estate (Lokasi yang sekarang) pada tahun 1995, Perpustakaan IAIN-SU juga dipindahkan dari Lantai II Masjid Ulul Albab di Sutomo ke lantai III gedung perkuliahan Fakultas Tarbiyah di lokasi yang baru tersebut. Dengan semakin meningkatnya jumlah koleksi dan pengguna perpustakaan yang berarti semakin beratnya daya beban gedung lantai III tersebut, maka perpustakaan kemudian dipindahkan ke lantai I gedung yang sama pada tahun 1998.

Pada tahun 2003 perpustakaan IAIN-SU baru memiliki gedung sendiri yang berlokasi di Kampus II Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate. Gedung berlantai III dengan keseluruhan 3000 m² ini diresmikan oleh Menteri Agama RI DR.H Said Agil Munawwar. Dari tahun berdirinya hingga Januari 2021 gedung ini merupakan perpustakaan pusat yang dimiliki UIN SUMUT.

2021 merupakan tahun yang penuh sejarah bagi UIN SUMUT, di mana pada 24 Februari 2021 UIN SUMUT meresmikan berdirinya Kampus IV yang berlokasi di Jl. Lapangan Golf Kp. Tengah, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Peresmian kampus IV ini ditandai dengan berdirinya tujuh gedung baru (The new 7 Building), yang salah satunya adalah gedung perpustakaan. Gedung ini kemudian resmi menjadi Perpustakaan Pusat UIN SUMUT. Dengan demikian saat ini Perpustakaan UIN SUMUT terdiri dari 3 gedung. 1 Gedung perpustakaan pusat terletak di kampus IV, dan 2 gedung perpustakaan cabang masing-masing terletak di kampus II dan kampus I.

Sejak tahun 2015 seiring berubahnya IAIN-SU menjadi UIN Sumatera Utara, maka perpustakaan juga berubah nama menjadi Perpustakaan UINSU dan menjadi sumber informasi bagi sivitas akademika hingga sekarang. Saat ini Kepala Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera (UIN SUMUT) adalah Ibu Dr.Nurhayati, M.Ag.

Berikut ini merupakan nama-nama pimpinan yang pernah menjabat sebagai kepada perpustakaan IAIN hingga bertransformasi menjadi perpustakaan UINSU

  1. Dra. Hj. Chalidjah Hasan tahun 1973
  2. Dra. Hj. Rukiyah Siregar tahun 1974
  3. Drs. H. Bahasan Siregar tahun 1976
  4. Drs. H. Mhd Saleh Harahap tahun 1977
  5. Drs. Mhd. Nashuh tahun 1979
  6. Dra. Hj. Thoyibah M. tahun 1981
  7. Drs. Ahmad munir Hasibuan tahun 2000
  8. DR. Siti Zubaidah, MA. tahun 2004
  9. Dra. Retno Sayekti, MLis. tahun 2010
  10.  Triana Santi S.Ag S.S, MM tahun 2015 s.d 2020
  11. Dr. Nurhayati, M. Ag 2020 – 2024